Akademi Kebidanan Ummi Khasanah
Direktori
PMB Online
Web Staff
e-learning
JURNAL
SIAKAD
Kerjasama
GALLERY
Pojok Artikel
ALUMNI
RSKIA
YAYASAN
Arsip Berita

Gallery
    

Links
EPSBED
DIKTI
PUSDIKNAKES
DEPKES RI
DINKES DIY
KOPERTIS V
Journal JMWH
Journal BJM
ProQuest
Cengage
EBSCO

Find Us


Sertifikat Akreditasi
Sertifikat LAMPT Kes 2017 Surat Keterangan Akreditasi
Untitled Document
SOSIALISASI KESEHATAN MASYARAKAT DI DUSUN PANCURAN DLINGO BANTUL
Posted under : Berita   akbid-uk  04-01-2018 | 10:33:31   234 views.

Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta.  Atas dedikasi, kerja keras dan kepedulian terhadap kesehatan reproduksi pada anak dan remaja, Akademi Kebidanan Ummi Khasanah memperoleh kesempatan kembali mengabdikan diri di Daerah yang tergolong membutuhkan informasi kesehatan. Mahasiswi AKBIDUK diberikan tugas mencari masalah, memecahkan dan memberikan sosialisasi langkah mengatasinya. Setelah mendapatkan penghargaan dari Bupati Bantul atas suksesnya Praktik Komunitas di Desa Pajangan dan dengan suksesnya pula menjadikan Desa Pajangan menjadi desa yang sadar mengenai pola hidup sehat, AKBIDUK kembali ditunjuk dan diarahkan DINAS Kesehatan Bantul untuk melakukan Praktek Komunitas di Daerah Dlingo Bantul.

Daerah dengan tingkat masyarakat yang padat dengan akses fasilitas kesehatan yang jauh, tidak menjadikan halangan bagi seluruh mahasiswi semester V ini. Kegiatan yang didukung penuh oleh Puskesmas Dlingo 2 meliputi sosialisasi pola hidup sehat terhadap orangtua dan berfokus pada usia anak dan remaja, dimana mahasiswi Akademi Kebidanan Ummi Khasanah melakukan Penyuluhan terhadap orangtua, siswa siswi SD, SLTP, maupun SMA sederajat. Materi yang diberikan antara lain dengan sosialiasi mengenai bahaya rokok dan sampah, pengenalan kesehatan reproduksi, pengetahuan perubahan fisik, psikologi dan biologis dan perilaku remaja. Anak-anak diajak untuk beriteraksi langsung dengan media yang telah disediakan, sehingga dapat lebih memahami apa yang disampaikan. Diskusi ringan diberikan dengan tujuan untuk saling berbagi saat siswa kurang jelas maupun ada hal yang ingin ditanyakan.

Tidak hanya itu saja, demi mengingat dan menerapkan ilmu yang sudah didapat, AKBID Ummi Khasanah mengadakan perlombaan yang nantinya Juara dari lomba cerdas cermat ini akan dilantik menjadi Bidan Cilik dan Bidan Remaja di Desa tersebut. Dengan adanya bidan cilik dan bidan remaja itu akan memberikan sugesti pada diri anak sehingga ilmu yang didapat dapat diterapkan dan disebarkan ke sesama teman sejawat.

Kepala Dukuh Pancuran Desa Terong Sugiyadi mengungkapkan, kegiatan komunitas mahasiswi Akademi Kebidanan Ummi Khasanah seperti ini sangat bagus dan mengena di masyarakat terutama pada anak. Orangtua sangat terbantu dalam menjawab dan mengenalkan anak terhadap organ tubuh dan masalah kesehatan reproduksi pada remaja, orangtua pun juga sudah mulai sadar terhadap kesehatan lingkungan. Dengan kegiatan ini anak-anak kami diharapkan lebih siap untuk melewati masa peralihan yang menyebabkan perubahan baik dari segi psikologis, biologis dan fisik. Selain itu juga dapat mengetahui perilaku remaja, dampak dan batasan-batasannya.

Dokumentasi Praktik Komunitas Mahasiswi AKBID Ummi Khasanah : 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  KONTAK   DIREKTORI   LINK EKSTERNAL  PETA SITUS
Akademi Kebidanan Ummi Khasanah
Akreditasi "B" BAN-PT

Kampus :
Jl. Pemuda Gandekan, Bantul, Yogyakarta 55711
(Sebelah barat Masjid Agung Bantul)
Phone : 0274-368055

E-mail : akbiduk@gmail.com
Website : www.akbiduk.ac.id

Lihat Denah Lokasi
PMB ONLINE (69 Pendaftar)
SIAKAD
E-LEARNING
WEB STAFF
GALLERY
KERJASAMA
ALUMNI
EPSBED
DIKTI
PUSDIKNAKES
DEPKES RI
DINKES DIY
KOPERTIS V
Journal JMWH
Journal BJM
ProQuest
Cengage
EBSCO
Home
Selayang Pandang
Profil
  Visi Misi
  Staff Pengajar
  Fasilitas dan Keunggulan
Info Pendaftaran
  Syarat Pendaftaran
  Rincian Biaya
  Jadwal SIPENMARU
Gallery
Kontak Kami
Akademi Kebidanan Ummi Khasanah ©2009 - 2018. dESIGN oleh NA