Akademi Kebidanan Ummi Khasanah
Direktori
PMB Online
Web Staff
e-learning
JURNAL
SIAKAD
Kerjasama
GALLERY
Pojok Artikel
ALUMNI
RSKIA
YAYASAN
Arsip Berita

Gallery
    

Links
EPSBED
DIKTI
PUSDIKNAKES
DEPKES RI
DINKES DIY
KOPERTIS V
Journal JMWH
Journal BJM
ProQuest
Cengage
EBSCO

Find Us


Sertifikat AIPT 2016
Sertifikat LAMPT Kes 2017 Surat Keterangan Akreditasi
Untitled Document
PERAN PEMBIMBING LAHAN DALAM PRAKTIK KLINIK KEBIDANAN
Posted under : Berita   akbid-uk  16-03-2018 | 10:13:59   225 views.

Akademi kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta. Keberadaan dan peran  Pembimbing Lahan di lingkungan praktik merupakan bagian dari tim program pendidikan kebidanan. Hal ini sangat diperlukan dalam mencapai kompetensi dan meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa kebidanan pada saat melakukan Praktik Klinik Kebidanan. 

Seorang Pembimbing Lahan diharapkan mampu mengadakan perubahan-perubahan yang mengarah kepada pembaharuan dan peningkatan mutu bimbingan terhadap mahasiswa, yang pada akhirnya akan memberikan dampak pada mutu pelayanan dan asuhan kebidanan mahasiswa. 

Didasari tugas dan tanggungjawab sebagai Pembimbing Lahan, beberapa waktu lalu Dosen Pembimbing Lahan melakukan Bimbingan terhadap mahasiswa semester VI yang baru melaksanakan Pada Praktik Klinik Kebidanan IV di Lahan Praktik. Dalam bimbingannya, Dosen Pembimbing Lahan berkoordinasi dengan CI Lahan untuk menanyakan kegiatan mahasiswa yang praktik di lahan tersebut, tidak hanya itu Pembimbing Lahan juga menanyakan dan memeriksa apakah target yang mahasiswa ambil sudah terpenuhi atau belum, mengevaluasi apakah tujuan praktik telah dicapai, dan memastikan ketrampilan yang telah didapat dibangku kuliah sudah benar-benar dikuasai.

Dengan adanya Informasi yang diperoleh melalui bimbingan di lahan praktik akan dijadikan sebagai umpan balik Pembimbing Lahan terhadap proses pembelajaran Praktik klinik Kebidanan selanjutnya.

Berikut Tugas Pembimbing Lahan Akademi Kebidanan Ummi Khasanah : 

1. Sebagai nara sumber

Pembimbing Lahan senantiasa menjadi tempat bertanya dan tempat menemukan jawaban bagi mahasiswa saat mengalami kesulitan selama proses pembelajaran di lahan praktik.

2. Sebagai manajer (Pengelola)

Dalam perannya sebagai manajer, pembimbing Lahan hendaknya mampu membimbing dan memberi pengarahan kepada peserta didik sehingga secara bertahap mengurangi ketergantungan mahasiswa pada pembimbing serta dapat belajar lebih efektif dan efisiensi.

3. Sebagai mediator dan fasilitator

Sebagai mediator, pembimbing Lahan diharapkan dapat menjadi perantara dalam hubungan antar manusia. Untuk itu pembimbing klinik harus terampil mempergunakan pengetahuan tentang bagaimana orang berinteraksi dan berkomunikasi.

Sebagai fasilitator, pembimbing Lahan hendaknya mampu mengusahakan sumber belajar yang bermanfaat serta dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran di lahan praktik.

4. Sebagai evaluator

Pembimbing Lahan diharapkan mampu memberikan penilaian dan mengevaluasi kepada mahasiswa baik selama proses pembelajaran klinik maupun pada akhir praktik. 

Dokumentasi Kegiatan Bimbingan Lahan Akademi Kebidanan Ummi Khasanah : 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

  KONTAK   DIREKTORI   LINK EKSTERNAL  PETA SITUS
Akademi Kebidanan Ummi Khasanah
Akreditasi "B" BAN-PT

Kampus :
Jl. Pemuda Gandekan, Bantul, Yogyakarta 55711
(Sebelah barat Masjid Agung Bantul)
Phone : 0274-368055

E-mail : akbiduk@gmail.com
Website : www.akbiduk.ac.id

Lihat Denah Lokasi
PMB ONLINE (67 Pendaftar)
SIAKAD
E-LEARNING
WEB STAFF
GALLERY
KERJASAMA
ALUMNI
EPSBED
DIKTI
PUSDIKNAKES
DEPKES RI
DINKES DIY
KOPERTIS V
Journal JMWH
Journal BJM
ProQuest
Cengage
EBSCO
Home
Selayang Pandang
Profil
  Visi Misi
  Staff Pengajar
  Fasilitas dan Keunggulan
Info Pendaftaran
  Syarat Pendaftaran
  Rincian Biaya
  Jadwal SIPENMARU
Gallery
Kontak Kami
Akademi Kebidanan Ummi Khasanah ©2009 - 2018. dESIGN oleh NA